UPTD Metrologi Depok lakukan Tera Timbangan Pedagang Pasar Tugu
Tera Tbang

By Aministrator 17 Okt 2018, 11:50:32 WIB Daerah
UPTD Metrologi Depok lakukan Tera Timbangan Pedagang Pasar Tugu

Keterangan Gambar : Sarmadi (Ka. UPTD Metrologi Depok) & Ikhwan Suryadi (Kepala Pasar Pal Tugu)


Arus Depok. Jika kita punya timbangan duduk, dacin, atau timbangan yang digunakan untuk kegiatan transaksi sehari-hari seperti halnya untuk menimbang minyak tanah, minyak sayur, beras kiloan atau sejenisnya termasuk saat menimba bayi dengan dacin, maka sebaiknya setiap ada tera ulang timbangan yang dilakukan oleh balai metrologi untuk segera dibawa ke sana agar di betulkan atau service. 

Rabu (17/10) UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Depok mengadakan Sidang Tera. Kegiatan ini dilaksanakan di pasar Pal Tugu cumanggis kota Depok. Acara yang lakukan sejak Selasa - Kamis (16-18 Oktober 2018) turut di hadiri Sarmadi (Kepala UPTD Metrologi Kota Depok), Tri Handoko (Kasubag Pasar Tugu Pal) dan beberapa staf UPTD Metrologi yang berjumlah 6 orang. 

Dalam penuturannya Sarmadi saat di mintai keterangan crew arusnews menuturan" Pemerintah mewajibkan bagi setiap timbangan yang berkaitan langsung dengan transaksi maka harus memiliki sertifikasi tera ulang dari badan metrologi.

Termasuk juga meteran yang ada di SPBU itu setiap waktu jika ada perubahan kebijakan kenaikan BBM dan juga komplen dari konsumen BBM atas SPBU yang ada itu pihak balai metrologi untuk segera mengecek ulang kalibrasinya, sehingga tidak merugikan konsumen sebagai pengguna layanan. 

Selisih penyelewengan akan timbangan berakibat fatal dan jelas rugi sekali terutama bagi pembeli atau penjualnya, bayangkan jika belinya banyak coba hitung saja kerugian yang muncul terjadi. Makanya melalui sertifikat tera timbangan ini bisa menjadi imbang kembali atau normal antara kanan dan kirinya termasuk saat diberi tekanan berupa barang yang dibeli

Tujuan dari Tera ulang itu untuk menentukan kalibrasi timbangan digital, termasuk balancing untuk timbangan tradisonal, sehingga tingkat akurasi hasil tidak diragukan. Ada sertifikasi yang dikeluarkan pihak balai metrologi ini terhadap timbangan yang sudah ditera. 

Cek hasil bisa berupa stiker bagi timbangan yang lantai atau dacin atau tinbangan beras atau minyak, sedangkan jika timbangan digital akan ada stiker kalibrasi yang ditempel oleh petugas balai metrologi. 

Sayangnya, terkadang para pemilik toko yang punya timbangan ini merasa berat untuk mengirimkan timbangannya dan membayar biaya cek tera ulang timbangan sehingga dianggap timbangan itu sudah akurat menurutnya.

Aspek kepatuhan dan ketaatan pemilik timbangan ini belum secara totalitas bahwa tera ulang itu dianggap sebagai kewajivan, karena jarang terjadi sangsi bagi pemilik timbangan ini saat tidak mengirimkan timbangan untuk di tera. Wajar saja persentasenya tidak mencapai 100% dari target yang ditentukan. 

Sosialisasi terhadap tera ulang juga akan terus di lakukan, orang juga banyak yang belum paham manfaat jika sudah ditera, uang yang dikeluarkan di bawah ini apakah ada manfaatnya bagi pedagang dan pembelinya nantinya"Tutur Sarmadi (Kepala UPTD Metrologi Kota Depok). 

Ditambahkan oleh Ikhwan Suryadi (Kepala Pasar Pal Tugu) memaparkan" Bagi pedagang yang jujur tentunya tera ulang sangatlah penting, namun bagi pedagang yang paham bahwa timbangannya itu tidak akurat kemudian tidak mau ditera ulang jelas ini disengaja dan kondisi ini jika dibiarkan maka merugikan konsumen tentunya. Berdosalah juga bagi mereka yang bermain-main dalam urusan timbangan apalagi jika tidak akurat saat menimbang. 

Biasanya balai metrologi datangi tim balai metrologi ini akan mengerjakan satu perstu timbangan yang sudah diberikan, diberikan stiker bukti sudah ditera, ada tukang becak yang membawa timbangan ini mendatangi toko sembako, toko emas atau toko lain seperti toko beras atau jagung yang di dalamnya ada timbangan sebagai alat transaksi harian"pungkas Ikhwan Suryadi (Kepala Pasar Pal Tugu).
Gie/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video