SKB Kota Depok Animo Warga Tinggi, Atensi Pemkot Harus Seimbang
Peduli Pendidikan

By Aministrator 03 Jul 2019, 00:14:15 WIB Pendidikan & Olahraga
SKB Kota Depok Animo Warga Tinggi, Atensi Pemkot Harus Seimbang

Keterangan Gambar : H. Abd Muit (Kepala SKB Kota Depok) Bersama Mitra Terus Lakukan Terobosan


Arus Depok. Leading sektor pendidikan memiliki 2 sisi. Pendidikan Formal dan Non Formal. Masyarakat pun tidak semuanya punya kesempatan dan kemampuan untuk mengenyam pendidikan secara Formal. Untuk itulah kota Depok mengadakan pendidikan Non formal juga.

Begitu pula halnya SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang termasuk pada Pendidikan Non Formal. Namun nampaknya pihak kota Depok kurang perhatian pada SKB. Hal ini dinilai tidak ada bangunan yang memadai serta minimnya sarana dan prasarana pembelajaran

Sanggar Kegiatan Belajar dikota Depok adalah UPT Pendidikan Non Formal milik Pemerintah Depok, namun gedungnya tidak memadai sehingga dalam proses kegiatan belajar mengajarnya (KBM)) pun kurang maksimal.ungkap Abdul Muit Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Depok saat Crew Arusnews berkesempatan menyambangi di ruang kerjanya, Selasa (2/7) siang hari pukul 13:30 Wib.

Dituturkan H. Abdul Muit" Sesungguhnya ada tiga bangunan untuk SKB yang difasilitasi pemerintah, antara lain Ex. UPT Pendidikan Panmas, Ex Kelurahan Kali baru dan Ex UPT Pendidikan Sawangan.

“Namun dengan kondisi gedung terpisah, untuk kegiatan belajar mengajarnya agak sulit untuk ditata, sehingga hal ini juga menjadi hambatan”. Tutur nya.

Ditambahkan menurut Abdul Muit, Idealnya ada satu bangunan yang cukup memadai, untuk menaungi SKB ini, sehingga proses pembelajarannya dapat lebih maksimal.

“Jadi dalam satu area itu ada tipe gedung masing-masing, untuk kelas Paket A, B dan C, yang kondisinya sangat memprihatinkan itu paket C sehingga kurang maksimal”Ungkapnya.

lebih lanjut Abdul Muit menjelaskan bahwa, Pendidikan masyarakat merupakan suatu proses dimana upaya pendidikan yang diprakarsai pemerintah, diwujudkan secara terpadu untuk meningkatkan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang lebih bermanfaat dan memberdayakan masyarakat.

Sejatinya pengembangan pendidikan masyarakat merupakan upaya peningkatan kemampuan personal yang dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai investasi masyarakat dalam proses pembelajaran pendidikan sepanjang hidupnya.

“Seiring perkembangan dan tuntutan masyarakat semakin kompleks, kebutuhan terhadap layanan pendidikan nonformal juga semakin berkembang. Dengan demikian, untuk meningkatkan mutu dan penjaminan kualitas pelaksanaan program pendidikan masyarakat, sangatlah penting”,kata Muit.

Saya pun berharap, kepada pemerintah kota Depok, untuk lebih memperhatikan keadaan ini, sebab pembinaan pendidikan masyarakat kepada lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang menjadi binaannya, dalam rangka peningkatan dan terjaminnya mutu lembaga pendidikan nonformal yang menjadi binaan Pemerintah khususnya kota Depok.ujarnya.

Namun demikian lanjut Muit, Ada beberapa program yang dilaksanan oleh SKB kota depok, alhamdulillah perhatian pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kota Depok (Disdik), terhadap program ini sudah cukup besar.

Untuk pelaksanaan program-program tersebut, diantaranya

1. program paud negeri terpadu, yang pembelajarannya dilaksanakan di eks kantor kelurahan kalibaru cilodong, saat ini memiliki peserta didik 52 peserta, yang anggarannya bersumber dari apbd melalui Disdik

2. program kesetaraan (paket a, paket b dan paket c), ini merupakan program unggulan SKB kota Depok. Sejawa barat skb kota depok merupakan yang terbanyak peserta didik program kesetaraannya, ditahun 2019 ini ada 900 peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional, pelaksanaan program ini dibiayai dari APBD melalui Disdik dan juga dari APBN

3. Program Kursus dan pelatihan, yang setiap bulan dilaksanakan di SKB kota Depok, ini merupakan bantuan yang bersumber dari apbd melalui Disdik

4. Program keaksaraan (buta aksara latin dan arab) masih rutin dilaksanakan setiap tahun"Pungkas H. Abdul Muit (Kepala SKB Kota Depok).
Lie/Red




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video