Proyek Meikarta Guyur Suap Ke Pejabat Kab. Bekasi
OTT KPK

By Aministrator 16 Okt 2018, 20:03:53 WIB Peristiwa
Proyek Meikarta Guyur Suap Ke Pejabat Kab. Bekasi

Keterangan Gambar : Billy Sindoro Penjahat Suap Kambuhan


Arus Nasional. Dalam konfrensi pers nya KPK menetapkan Sembilan orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pemberian izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. KPK saat menyelidiki kasus ini membutuhkan waktu hampir selama setahun sejak ada laporan dari masyarakat masuk ke KPK.

"Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari informasi masyarakat yang diterima KPK hingga dilakukan proses penyelidikan sejak sekitar bulan November 2017," Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam konfrensi pers di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (15/10). Dalam kasus ini, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di dua lokasi yang berbeda yakni Kabupaten Bekasi dan Surabaya. OTT dilakukan oleh KPK secara paralel pada Minggu (14/10) siang hingga Senin (15/10) dini hari.

Tanggal 14 Oktober 2018 sekitar pukul 10.58 WIB, tim KPK mengidentifikasi adanya penyerahan uang dari T (Taryudi, konsultan Lippo Group) kepada NR (Neneng Rahmi, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi). Setelah penyerahan uang, keduanya yang menggunakan mobil masing-masing berpisah," ujar Syarif.
Lebih lanjut, KPK bergerak secara paralel hingga akhirnya menangkap sembilan orang terkait kasus suap izin proyek Meikarta. Satu orang yang ditangkap namun tak ditetapkan sebagai tersangka yakni mantan Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Daryanto.

Komitmen fee dalam kasus suap dari pihak Meikarta ini sejumlah Rp 13 miliar. Namun, realisasi pemberian suap yang sudah diberikan sekitar Rp 7 miliar. Dalam kasus ini, pihak pemberi yang ditetapkan sebagai tersangka suap yakni Billy Sindoro (Direktur Operasional Lippo Group), Taryadi (konsultan Lippo Group), Fitra Djaja Purnama (konsultan Lippo Group), dan Henry Jasmen (pegawai Lippo Group).

Mereka disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP Sedangkan pihak penerima yang ditetapkan sebagai penerima yakni Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Najor, Dewi Tisnawati (Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi), dan Neneng Rahmi (Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi).

Mereka semua disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau pasal 11 atau Pasal 12 B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP. Billy Sindoro pada 2009 divonis 3 tahun penjara karena terbukti menyuap anggota KPPU, M Iqbal. Keduanya tertangkap tangan di sebuah hotel di bilangan Jakarta Pusat saat transaksi suap dilakukan. Suap itu terkait monopoli PT Direct Vision yang menaungi Astro atas penayangan Liga Inggris.

Dalam pandangan masyarakat (enggan disebut namanya) yang sempat di wawancari crew arusnews dalam menyikapi kejadian OTT KPK menuturkan" Seharusnya KPK dan para penyidik lainnya (POLRI, Kejaksaan) bisa melihat dan mengambil sebuah pelajaran jika Billy Sindoro pada 2009 sudah pernah divonis 3 tahun penjara karena terbukti menyuap anggota KPPU, M Iqbal. Jangan kasih ampun lagi dia, jika perlu segel proyeknya beri hukuman yang lebih berat lagi. Itu artinya Billy Sindoro sudah pemain suap ulung. Saya malah menduga jangan-jangan Billy punya prinsip "selama Anjing Doyan Tulang, Kasih aja tulang pasti anjing nya jinak langsung".
Red/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video