Parjono Keramik, Menunggu Pembinaan UMKM Dari Pemerintah
Industri Kreatif

By Aministrator 05 Agu 2018, 09:41:55 WIB UKM & Kuliner
Parjono Keramik, Menunggu Pembinaan UMKM Dari Pemerintah

Keterangan Gambar : Agustina Widayati (Pemilik Parjono Keramik) Bersama Suami & Mitra Kerjanya


Arus Bantul. Wilayah Kecamatan Pundong kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan area kecamatan yang para warganya giat dalam menumbuhkan denyut ekonomi. Hal tersebut nampak baik disektor Kuliner maupun kerajinan sentra gerabah yang secara umum masyarakatnya mengenal dengan istilah keramik.

Hal inilah yang ditelusuri awak media Arusnews. Saat menyambangi desa Klisat Srihardono Pundong Bantul Yogyakarta. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Crew Arusnews, di Desa Klisat di dapati pengrajin Gerabah (Keramik) yang di miliki oleh Agustina Widayati (Lebih akrab di sapa Bu Nana).

Saat tim Arusnews menyambangi kediamannya Jumat (3/8) di Desa Klisat Rt 04 kecamatan Pundong kabupaten Bantul. Nana selaku Owner menuturkan" Saya buat kerajinan gerabah (Keramik) yang di beri nama Parjono Keramik. Parjono Keramik di ambil dari nama Suamiku (Parjono), mulai aktif usaha ini sejak tahun 2013 (Sudah 5 tahun saat ini). 

Suami ku Pak Parjono lebih dominan pada buat Disain bentuk keramik yang akan dibuatnya tetlebih kalau ada permintaan pesanan ke luar kota. Jenis gerabah (Keramik) yang di produksi dengan berbagai macam ukuran (kecil hingga paling besar).

Saat ada pesanan dalam partai besar. Kami selalu mengunakan jasa tenaga lepas di diambil dari lingkungan sekitar (Tetangga). Ya dengan tujuan agar lingkungan juga bisa merasakan hasil dari keberadaan usaha Parjono Keramik ini.

Alhamdulillah mas, Parjono Keramik tahun lalu mendapat kepercayaan order pesananjuga i ke Surabaya, Bali juga Yogyakarta sendiri. Namun sejak berdirinya usaha ini (2013) kita belum pernah mendapat kunjungan, pembinaan terlebih bantuan permodalan dari Isntansi Dinas Terkait (Dinas INDAGKOP dan UMKM).

Bagi Pengrajin, Penggiat Usaha kecil seperti ini. Pembinaan dan bantuan permodalan sangat perlu apalagi kalau sampai pesanan sedang banyak. Jadi kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Bantul, Provinsi DIY dan Kementrian UMKM bisa mendukung para pengerajin industri kecil seperti ini yang juga merupakan pengerajin Industri Kreatif.

Padahal Presiden sendiri sering menggembar gemborkan pentingnya pemerintah pusat hingga daerah mendukung dan membantu penggiat industri Kreatif"Pungkas Agustina Widayati (Bu Nana Pemilik Parjono Keramik).
Gie/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video