KA Wijaya Kusuma Rute Hingga Banyuwangi., Siap Jaring Wisatawan
Jaring Wisata

By Aministrator 02 Sep 2018, 06:15:42 WIB Moda
KA Wijaya Kusuma Rute Hingga Banyuwangi., Siap Jaring Wisatawan

Keterangan Gambar : Ruang Dalam Ka Wijaya Kusuma (Cilacap-Banyuwangi)


Arus Jateng. Pemerintah mencoba dengan berbagai cara untuk meningkatkan para wisata berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di bervagai penjuru daerah. Hal inilah yang turut dilakukan oleh pihak PT. Kai. KAI membuat terobosan melalui KA Wijaya Kusuma dengan cara memperpanjang rutenya hingga Banyuwangi. Hal ini difungsikan guna menggaet Wisatawan Manca Negara (WISMAN) maupun wisatawan lokal.

Guna memaksimalkan sebuah wujud pelayanan kepada masyarakat, PT KAI saat ini memperpanjang rute KA Wijaya Kusuma yang semula dari jurusan Cilacap - Solo (PP) menjadi Cilacap - Banyuwangi (PP). Dengan diperpanjangnya rute perjalanan kereta tersebut, diharapkan nantinya akan lebih banyak mengantarkan wisatawan baik lokal maupun internasional untuk berkunjung ke Banyuwangi dan sekitarnya.

Operasional perdananya diresmikan pada September tahun lalu (2017), KA Wijaya Kusuma yang telah menjadi moda transportasi bebas macet bagi warga Kota Cilacap dan sekitarnya untuk bepergian menuju Yogyakarta dan Solo kini memiliki rute lebih panjang hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur. Rute tersebut resmi berlaku sejak hari ini, Sabtu (1/9).

Jawa Timur khususnya Banyuwangi sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang mendunia, beberapa di antaranya adalah Bromo, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Selain itu, pantai-pantai di sana juga sudah terkenal akan keindahannya.

"Dengan ditambahnya rute tersebut, kami berharap akan lebih banyak wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke Banyuwangi. Kereta Api ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif moda transportasi pilihan wisatawan untuk menuju Banyuwangi, Jember dan sekitarnya," tutur Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto,

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Banyuwangi akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 17 jam dari Kota Cilacap dengan KA ini. Namun tidak perlu khawatir, karena selama perjalanannya para pengguna jasa KA dapat menikmati kenyamanan perjalanan dengan rangkaian empat kereta eksekutif berkapasitas 200 tempat duduk dan tiga kereta premium dengan kapasitas 192 tempat duduk.

"Untuk jadwal keberangkatan, KA Wijaya Kusuma akan berangkat dari Stasiun Banyuwangi pukul 11.05 WIB dan dari Stasiun Cilacap pada pukul 14.10 WIB setiap harinya. Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA Wijaya Kusuma, dapat melakukan pembelian tiket di berbagai channel resmi pembelian tiket KA mulai 23 Agustus 2018 dengan tarif promo sebesar Rp 220.000,- untuk yang diberlakukan mulai keberangkatan tanggal 1 sampai 30 September 2018," papar Supriyanto.

Selain itu, untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang akan naik atau turun pada stasiun tertentu, PT KAI juga akan memberikan tarif khusus yang dapat dilayani pembeliannya mulai 2 jam sebelum keberangkatan KA Wijayakusuma, seperti Cilacap-Yogya PP, Cilacap-Solo PP, Kutoarjo-Yogya PP, Kutoarjo-Yogya PP, Madiun-Yogya PP, Surabaya-Madiun PP. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, termasuk tarif khusus yg bisa dilayani via KAI Access sampai 1 jam sebelum jadwal KA.

Untuk jadwal perjalanan KA Wijaya Kusuma di beberapa stasiun antara lain berangkat dari stasiun Cilacap pukul 14.10 WIB, Kutoarjo pukul 17.14 WIB, Yogyakarta pukul 18.09 WIB, Solo pukul 19.05 WIB, Madiun pukul 21.24 WIB, Jombang pukul 22.57 WIB, Surabaya Gubeng pukul 23.59 WIB, Jember pukul 04.10 WIB dan Banyuwangi pukul 07.02 WIB.

"Sedangkan untuk yang KA berangkat dari Banyuwangi pukul 11.05 WIB, Jember 13.40 WIB, Surabaya Gubeng 18.05 WIB, Jombang 19.49 WIB, Madiun 21.28 WIB, Solo Balapan 22.52 WIB, Yogyakarta 23.47 WIB, Kutoarjo 00.49 WIB dan masuk stasiun Cilacap 04.42 WIB," pungkasnya.
Gun/Red




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video