Jose Choa Linge, Kolektor Kaset Jadul & Peduli Bencana Alam Negeri
Kolektor

By Aministrator 01 Okt 2018, 06:40:38 WIB Tokoh & Seleb
Jose Choa Linge, Kolektor Kaset Jadul & Peduli Bencana Alam Negeri

Keterangan Gambar : Jose Choa Linge Bersama Koleksi Kaset Jadulnya


Arus Seleb. Dunia hiburan selalu tidak pernah redup dengan karya seni yang selalu lekat di hati para penggemar, terutama artis lawas di era tahun 1980 an. mereka bisa terus lekat dihati para penggemarnya karena film, sinetron ataupun album yang di tampilkan sangat mengena di hati para penggemar.

Sebut saja Jose Choa Linge merupakan sosok pelaku entertaint yang pada tahun 1985 berangkat ke Jakarta, untuk dapat mewujudkan cita-citanya menjadi bintang film terkenal. Tekadnya memupuk karir di Jakarta ternyata tidak sia-sia. Terbukti, sekitar tahun 1986 pria yang akrab disapa Jose ini mengawali debut karirnya dengan ikut berakting dalam film Aku Cinta Indonesia (ACI).

Saat crew media Arusnews menyambangi kediamannya saat hari Selasa (11/9) di bilangan wilayah pondok bambu jakarta timur. Agar para pembaca Arusnews mengenal nya lebih dekat lagi. Jose menuturkan" saat itu Bang Asmara yang melihat bakat saya, sehingga dirinya dapat berperan dalam film ACI dengan honor sekitar Rp 250.000 per episode. Sebenaranya, merupakan dilemma bagi saya dalam terjun ke dunia entertaint, karena tidak disetujui oleh orang tuanya yang menginginkan Jose untuk kuliah. Guna memenuhi keinginan orang tua, pada tahun 1987 Jose kuliah.

Selain dunia film, Jose juga menjadi foto model, namun karirnya di dunia entertaint sempat terhenti pada tahun 1988. Jose sempat bekerja di Hero Group, pada saat itu juga sempat menjadi penulis di majalah khusus Hero Group.

Di balik kisah singkat awal  jose. Awak media Arusnews mendapatkan hoby yang dirinya lakukan sudah cukup lama. Banyak kolektor kaset yang gila-gilaan berburu kaset yang ingin dan terus ingin menambah koleksinya dengan mengeluarkan kocek yang tak sedikit. Berbeda dengan Jose Choa Linge. Pria ini termasuk kolektor yang sabar dan tak pernah membeli mahal kaset-kasetnya.

Saat di tanyakan tentang hoby nya sebagai kolektor kaset. Jose memaparkan" “Boleh dikata aku ini anti beli mahal,aku ini bukan kolektor tapi cuma melestarikan legenda musik,” ujar Jose kepada Arusnews.

Biasanya dia akan mencegat pemulung atau memesan pada pemulung untuk menjual kaset kepadanya. Biasanya para pemulung ini menjual murah, hanya Rp 1000-an per kaset. Dengan harga yang murah biasanya dia langsung memborong kaset yang ada. Cara lainnya adalah berburu kaset-kaset di pasar tradisional ketika dia sedang tugas luar kota. Dia jarang berburu kaset hingga merogoh kocek yang cukup dalam. “Aku sih sabar saja, nanti juga pasti dapat,” ujarnya.

Sejak lebih dari 10 tahun lalu di rumahnya sudah terkumpul 12 ribu kaset khusus lagu dan penyanyi Indonesia. Genre musik kaset koleksinya pun lengkap mulai dari pop, rock, keroncong, dangdut. Dia pun mempunyai banyak album lagu-lagu daerah dan lagu anak-anak. Album kaset yang paling tua adalah album penyanyi Ratmi B29, Tan Tjeng Bok, Fifi Yong. kleksi albumnya hingga era 1990-an melengkapi koleksi rak kasetnya. Tinggal sebut saja siapa nama penyanyinya. Album ini disusun rapi berdasar abjad penyanyinya. Jika saya membeli kaset lagi, Jose akan segera mencatatnya lagi.

Karena seringnya bergumul dengan kaset-kaset lawas ini, Jose malah jadi kenal baik dengan para penyanyinya. Mereka berterima kasih karena Jose mau merawat kaset album mereka.

Lalu apa istimewanya kaset? Menurut penyiar sebuah radio dan manajer sebuah perusahaan swasta ini, kaset mempunyai keunikan sendiri. Terutama karena tiap album punya sesuatu. Makanya dia jarang mempunyai kaset kompilasi atau 'the best of..'.

Biasanya jika keluar kota, dia selalu membawa beberapa koleksi albumnya. Namun yang paling sering dibawa untuk menemani perjalanannya adalah album Dian Piesesha dan Koes Plus. “Dian karena suaranya merdu, enak untuk pengantar tidur. Kalau mau rileks di jalan ya puter Koes plus,” ujarnya.

Tak jarang dia juga berbagi kaset yang dobel. Caranya dia membuat kuis untuk mengenalkan penyanyi lama Indonesia. Beberapa produser dan penyanyi ikut mendukung cara Jose ini. Rupanya banyak juga yang mengikuti kuis bahkan beberapa dari luar negeri. Tapi Jose membatasi hadiah tersebut untuk pecinta musik di dalam negeri saja"Pungkas Jose Choa Linge.
Gie/Arkan


 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video