Diduga Calo & Pungli Bergentayangan Tanpa Malu Di Samsat Depok. Katanya Polri Bersih. Buktinya...
Polri Bersih?

By Aministrator 07 Jul 2019, 23:57:43 WIB Polhukam
Diduga Calo & Pungli Bergentayangan Tanpa Malu Di Samsat Depok. Katanya Polri Bersih. Buktinya...

Keterangan Gambar : Loket Pengambilan Plat No Pol Titik Pungli


Arus Depok. Puluhan aktifis yang menamakan dirinya Komunitas Mahasiswa Pemuda Indepen (KOMPI) melakukan Aksi unjuk rasa di depan Mabes POLRI Jakarta Kamis (04/07/2019). KOMPI mendesak Menkopolhukam dan Kapolri  memberhentikan Kepala Satuan tugas (Kasatgas) SIBER PUNGLI Komisaris Jenderal Moechgiyarto dari  dari jabatannya karena di anggap gagal memberantas mafia pungli di Indonesia.

Muksin Mahu Korlap Aksi KOMPI mengatakan, potret penegakan hukum di Indonesia terkadang dipandang memiliki kelemahan yang sengaja diterapkan oleh mafia yang sengaja bersembunyi dibalik tembok kemunafikan yang memiliki paras malaikat.

Berdasarkan hasil temuan Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya terkait maladministrasi pelanggaran mutasi biaya balik nama kendaraan dan diduga  kuat terjadi pungutan liar (Pungli) di Samsat Kota Depok dan Samsat Kabupaten Bogor Prov Jawa Barat.
“Dugaan Pungli di Samsat Kota Depok dan Kabupaten Bogor menjadi preseden buruk terhadap lemahnya pengawasan Siber Pungli yang dipimpin oleh Komjen Moechgiyarto sebagai kasatgas Siber Pungli”, tegas Mahu.

Dirinya menegaskan, tugas pokok Siber pungli adalah melakukan pencegahan terhadap pungutan liar di seluruh lembaga pemerintah yang bersentuhan langsung terhadap pelayanan publik akan tetapi sangat disayangkan melalui temuan Ombusman diatas menunjukan bahwa satgas siber pungli gagal melakukan pencegahan terhadap kejahatan kemanusiaan khususnya samsat Kota Depok dan Kabupaten Bogor yang diduga marak terjadi melalui pengurusan administrasi kendaraan bermotor (khususnya di Samsat Kota Depok). 

Dalam pantauan Crew media Arusnews (4/7/2019) Saat itu orang tua dari redaktur arusnews ingin mengurus pembayaran pajak STNK motor sekaligus balik nama BPKB Sontak pandangan mata di suguhkan oleh maraknya calo yang berkeliaran terutama di areal foto Copy dokumen berkas untuk pengurusan pembayaran pajak dan balik nama kendaraan bermotor. Tanpa malu-malu mereka menawarkan jasa untuk mengurus nya.

Saat jelang pengambilan Plat Nomor kendaraan bermotor yang sudah tercetak. Petugas berseragam biru tua dari dalam loket minta biaya tambahan pada para custemer (warga yang mengambil Plat Nomer kendaraan) dengan alibi "tambahan buat beli kopi" tidak sedikit warga yang mengambil plat tersebut memberikan nya. Besarannya variasi (kisaran Rp 10.000-30.000). Bahkan ada warga yang keberatan untuk memberi sambil geram mengatakan" Lah kok masih diminta duit. Bukan nominal nya, tapi kalau 10.000X300 orang tiap hari, waduh dah gede banget. Ini bagian dari pungli" geram warga (Enggan di sebut namanya).
Gie/Red




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video