CBA: 13M Proyek Bocor Di KEMENPAR. KPK Harus Periksa Menpar Arif Yahya
Indonesia Bersih

By Aministrator 02 Sep 2018, 17:24:09 WIB Peristiwa
CBA: 13M Proyek Bocor Di KEMENPAR. KPK Harus Periksa Menpar Arif Yahya

Keterangan Gambar : Ilustrasi Korupsi


Arus Nasional. Lembaga Center for Budget Analysis (CBA) telah menginfentarisir beberapa catatan yang mengejutkan. CBA sedikitnya telah mencatat ada 12 proyek bermasalah dalam pengadaan souvenir yang dijalankan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), di dalam sebuah catatannya ada 1 proyek dijalankan di tahun 2017 dan 11 proyek lainnya masuk tahun anggaran 2018.

Data yang berhasil di dapat Arusnews melalui CBA

“Pertama, dua proyek Pengadaan Souvenir yang bernilai Rp5,9 miliar lebih yang dimenangkan oleh PT. Grahita Giri. Perusahaan ini menjalankan Pengadaan Souvenir Promosi Pariwisata Indonesia Apparel Mancanegara di tahun 2017, anggaran yang dihabiskan sebesar Rp2.455.000.000 (Dua Milyar Empat Ratus Lima Puluh Lima Juta Rupiah). Serta Pengadaan Souvenir dan Merchandise Wardorbe di tahun 2018 senilai Rp3.455.000.000 (Tiga Milyar Empat Ratus Lima Puluh Lima Juta Rupiah)"papar Jajang Nurjaman, Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA) melalui siaran pers, Minggu (2/9).

Kedua, Jajang menambahkan, proyek Pengadaan Souvenir yang dimenangkan oleh PT. Loka Indira Arta. Perusahaan ini juga memenangkan dua proyek sekaligus untuk tahun anggaran 2018. Yakni Pengadaan Souvenir dan Merchandise Mass nilai proyek sebesar Rp558.500.000, serta Pengadaan Souvenir dan Merchandise Outdoor senilai Rp1.372.500.000.

“Selanjutnya, 2 proyek yang dimenangkan oleh CV. mega karya dinamika di tahun 2018, yakni Pengadaan Souvenir Promosi Massal senilai Rp1.153.000.000 serta Pengadaan Souvenir dan Merchandise Elektronik senilai Rp1.325.000.000,” papar Jajang.

Selain itu, menurut Jajang, CV. Cahaya tirta baruna juga memenangkan 2 proyek sekaligus di tahun 2018, yakni Pengadaan Souvenir Promosi Apparel senilai Rp1.467.000.000 serta Pengadaan Souvenir Promosi Pariwisata Indonesia Travel and Outdoor senilai Rp1.244.050.000.

“Adapun sisanya, 2 proyek Pengadaan Souvenir masih dimenangkan oleh perusahaan yang sama CV. Mega Karya Dinamika yakni Pengadaan Souvenir Promosi Massal senilai Rp1.153.000.000, ditambah Pengadaan Souvenir dan Merchandise Elektronik senilai Rp1.325.000.000. Terakhir 1 proyek Pengadaan Souvenir Promosi Pariwisata Indonesia T-Shirt dan Polo Shirt senilai Rp903.650.000. proyek ini dimenangkan oleh PT. Sarimakarti Sukses Mandiri,” terang Jajang.

“Dalam pelaksanaan 12 proyek di atas, kami menduga ada permainan kotor sejak proses lelang. Hal ini terlihat dari nilai proyek yang disepakati pihak Kemenpar dengan pemenang proyek sangat tidak wajar, ditambah terdapat perusahaan favorit Kemenpar yang selalu menang meskipun tawaran yang diajukan tidak wajar. Contohnya Pengadaan Souvenir dan Merchandise Wardorbe yang dimenangkan oleh PT. Grahita Giri senilai Rp 3,4 miliar lebih, angka ini kelewat mahal. Padahal anggaran yang diperlukan seharusnya tidak lebih dari Rp3,1 miliar, begitupun 11 proyek lainnya kami temukan hal yang sama,” imbuhnya.

Akibat hal tersebut, Jajang menambahkan, dalam 12 proyek senilai Rp13.933.700.000 ditemukan potensi kebocoran yang tidak sedikit. Angkanya mencapai Rp2,7 miliar. Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena proyek Pengadaan Souvenir merupakan kegiatan yang selalu ada setiap tahunnya, besar dugaan proyek ini merupakan ladang bancakan oknum Kemenpar yang kelewat rakus.

“Berdasarkan temuan di atas, CBA mendorong pihak berwenang khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindaklanjuti kasus di atas. Pihak yang bertanggung jawab harus segera diperiksa, khususnya Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran selaku Satuan kerja yang menjalankan. Jika perlu KPK bisa memanggil Menteri Pariwisata Arief Yahya guna mengembangkan pemeriksaan, karena besar dugaan penyimpangan proyek Pengadaan Souvenir sudah terjadi sejak lama namun dibiarkan oleh Menterinya,” pungkasnya.
Gie/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video