BPPT Ikut Turunkan Alat Canggih Cari Kotak Hitam Lion Air
Peduli Musibaj

By Aministrator 31 Okt 2018, 07:39:20 WIB Peristiwa
BPPT Ikut Turunkan Alat Canggih Cari Kotak Hitam Lion Air

Keterangan Gambar : Alat BPPT yang Diturunkan Bantu Lacak Kotak Hitam


Arus Nasional. Tim gabungan dalam  upaya evakuasi kecelakaan pesawat Lion air hingga malam ini masih terus bekerja mencari kotak hitam dan bangkai pesawat Lion Air JT 610 di perairan kawasan Karawang provinsi Jawa Barat. Khususnya tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menurunkan pula alat untuk melacak sinyal dari kotak hitam pesawat.

Dalam pantauan awak media Arusnews di atas kapal Baruna Jaya 1 milik BPPT, Selasa (30/10/), 8 personil anggota tim BPPT menyiapkan instalasi untuk menurunkan alat bernama USBL Transponder. Alat tersebut diletakkan di ujung tiang yang dimasukkan ke laut. Teknologi tersebut diharapkan mampu melacak sinyal yang dikeluarkan kotak hitam.

"Di deck unit USBL, artinya dari transponder itu akan ditransfer masuk ke software dalam laptop namanya Apos. Sekarang fungsi transponder ini untuk membantu mengetahui posisi si Boeing itu, ya pada intinya sama cara kerjanya seperti ping locator, dia akan menangkap sinyal dari kotak hitam di dasar laut," jelas Engineer Instrument BPPT Cecep Sudjana. USBL transponder akan memberikan tanda di aplikasi komputer jika menangkap sinyal dari kotak hitam pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 tersebut. Tanda yang diberikan berupa titik-titik yang terlihat di layar komputer.

"ROV nanti yang akan turun melihat visual yang ditangkap transponder ini," katanya. Ditambahkan menurut Cecep, teknologi transponder mampu melakukan pelacakan hingga 4.000 meter diameter. Alat tersebut juga diyakini menjangkau hingga kedalaman 30 meter. Namun, jika posisi kotak hitam berada di luar jangkauan pelacakan transponder, sinyal tidak akan tertangkap.

"Tapi memang tergantung spesifikasi alat juga, kebetulan ini bisa sampai diameter 4.000 meter. Jadi cara ini lebih efektif sekalian menyetrika laut sekalian mencari black box ini dengan teknologi ini. Nanti setelah dapat gambaran lokasi, ROV akan turun agar lebih detail lagi melihat," ujarnya.

"USBL Transponder ini bisa mengirim dan menerima frekuensi, cara kerja alat ini nggak perlu ROV turun, ROV itu akan turun kalau posisi sudah ditemukan kemudian diarahkan untuk mengetahui hasilnya," Pungkasnya.
Red/Usdi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video