Berawal Dari Kepedulian & Tanggung Jawab Adywiyata Provinsi DIY Diraih SMP 2 Srandakan
Adywiyata

By Aministrator 07 Agu 2018, 05:21:05 WIB Kesehatan
Berawal Dari Kepedulian & Tanggung Jawab Adywiyata Provinsi DIY Diraih SMP 2 Srandakan

Keterangan Gambar : Edi Suryanto & Dkk Juga Siswa Saat Raih Piala Adywiyata Provinsi DIY


Arus Bantul. Program Adiwiyata mendorong tumbuhnya sekolah dengan tata kelola yang baik yang dapat memberikan pembelajaran bagi warga sekolah untuk bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Diharapkan dengan program Adiwiyata ini, warga sekolah diajarkan untuk peduli dan berbudaya lingkungan serta berkarakter cinta lingkungan. Sekolah Adiwiyata sebagai satu komunitas pendidikan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengelolaan lingkungan hidup.

Senin (6/8) Awak media Arusnews mengunjungi SMP Negeri 2 Srandakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Hal ini lakukan guna mengkonfirmasi secara langsung pada Edi Suryanto selaku kepala sekolah. Menurut data yang di peroleh Redaksi Arusnews SMP 2 Srandakan belum lama ini (Tahun 2017-2018) berhasil mendapatkan pemghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi DIY.

Edi Suryanto selaku kepala sekolah menuturkann di hadapan Crew Arusnews di dampingi oleh Sukijo (Ketua Tim Adywiyata SMP 2 Srandakan Provinsi), Endang Siswati (Sekretaris Tim Adywiyata) dan 5 Siswa/i pengurus Osis.

Edi Suryanto menuturkan" Saat saya baru jabat (Tahun 2015) di SMP 2 Srandakan ini. Saya melihat kantin sebagai pekerjaan yang harus saya jadikan fokus, baik cara siswa jajannya maupun penyajian pedaganganya juga pengolahan sampah nya. Akhirnya kita bersama warga Sekolah (Guru, Karyawan, Siswa, Wali murid dan Penjaga Sekolah) semuanya berkomitmen agar kantin tempat siswa jajan bisa menjadi kantin sehat.

Berbagai upaya pengelolaan kantin sekolah dan lingkungan dikembangkan di sekolah ini. Seperti pembuatan biopori, sumur resapan, penghijauan, pembibitan TOGA (Tanaman Obat Keluarga), greenhouse, pengomposan dan pengurangan serta pemilahan sampah

Jika seluruh kegiatan pengelolaan lingkungan hidup yang dikembangkan di sekolah dijumlahkan secara kumulatif, maka hal itu dapat menunjukkan kontribusi yang signifikan dari komunitas pendidikan formal dalam pengelolaan lingkungan hidup; hal lain seluruh kegiatan tersebut dapat mendorong terwujudnya generasi peduli dan berbudaya lingkungan,” papar Edi Suryanto.

Sukijo (Ketua Tim Adywiyata SMP 2 Srandakan 2018) turut menambahkan" Kami juga turut menanam tumbuhan dengan sistem hidroponik seperti selada dan Sawi juga kolam budidaya ikan Nila (Bulan kemarin baru saja panen).

Jika seluruh kegiatan pengelolaan lingkungan hidup yang dikembangkan di sekolah dijumlahkan secara kumulatif, maka hal itu dapat menunjukkan kontribusi yang signifikan dari komunitas pendidikan formal dalam pengelolaan lingkungan hidup; hal lain seluruh kegiatan tersebut dapat mendorong terwujudnya generasi peduli dan berbudaya lingkungan,” pungkas Sukijo (Ketua Tim Adywiyata SMP 2 Srandakan).
Gie/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video