Asesor Provinsi Ceks Langsung Mutu Pendidikan SD Jatisampurna IX
Sekolah Kualitas

By Aministrator 05 Sep 2018, 17:07:33 WIB Pendidikan & Olahraga
Asesor Provinsi Ceks Langsung Mutu Pendidikan SD Jatisampurna IX

Keterangan Gambar : Renta (Kepsek SDN Jatisampurna IX) Saat Sambut Asesor


Arus Bekasi. Pendidikan merupakan pondasi dasar dari majunya sebuah peradaban suatu bangsa. Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. 

Pemerintah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan. Sebagai institusi yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Mendiknas, BAN-S/M bertugas merumuskan kebijakan operasional,  melakukan sosialisasi kebijakan  dan melaksanakan akreditasi sekolah/madras
Standar Nasional Pendidikan ( SNP ) yang digunakan sebagai acuan pengembangan isi kurikulum, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian. 

Jumat (31 Agustus 2018) SDN Jatisampurna IX Kota Bekasi kedatangan Asesor dari Provinsi Jabar. Dalam pantauan awak media Arusnews Duduh Abdurrahman Dan Zaelani. Asesor tiba di lokasi di sambut oleh Renta (kepsek SDN Jatisampurna X), juga iringan Degung kesenian budaya Asli Sunda. Dengan pengalungan sarung sebagai simbolik ucapan selamat datang dapun bahasan singkat ke 8 standar tersebut yaitu sebagai berikut :

Dalam Kata sambutannya Renta selaku kepala sekolah menuturkan" Sekolah Kami setiap Saat selalu melakukan pembenahan. Baik kualitas tendik maupun pelayanan Untuk itulah melalui akreditasi INI kami siap menerima masukan positif guna meningkatkan nilai akreditasi di SDN Jatisampurna IX"tuur Renda.

Duduh Abdurrahman selaku Asesor menambahkan dalam sebuah paparannya" Bahwa mutu pendidikan akan berkualitas jika sudah memenuhi 8 standar penilaiann yaitu:

1) Standar Isi

Standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi  standar isi ditetapkan dengan Kepmendikbud No 22 Tahun 2006

2) Standar Proses

Standar proses merupakan proses kegiatan pembelajaran, oleh karena itu untuk mewujudkan pendidikan yang baik hendaknya memiliki standar proses.Proses pembelajaran yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Setiap guru hendaknya tetap memberikan keteladanan baik bagi peserta didik maupun pada lingkungannya.

3) Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )

SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencangkup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang dutetapkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006.

4) Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu komponen dalam lembaga pendidikan yang berfungsi sebagai mobilitas untuk menentukan suksesnya penyelenggaraan pendidikan di madrasah yang bersangkutan.

5) Standar Sarana dan Prasarana

Dalam menyelenggarakan pendidikan tidak akan dapat berhasil tanpa dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam dunia pendidikan.

6) Standar Pengelolaan

Standar pengelolaan di madrasah merupakan kegiatan untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Oleh karena itu agar kinerja madrasah dan mutu lulusan berkualitas, maka harus dikelola secara profesional.

7) Standar Pembiayaan

Untuk meningkatkan lualitas madrasah agar semua proses dan kegiatan penyelenggaraan pendidikan untuk memenuhi harapan para stakeholdernya membutuhkan pengelolaan biaya yang profesional baik dalam penggalian sumber dana maupun pendistribusian dananya. untuk itu sekolah hendaknya memenuhi standar pembiayaan  minimal. Pembiayaan yang terdiri atas biaya investasi, biaya operasi dan biaya personal.

8) Standar Penilaian Pendidikan

Penilaian pendidikan baik jenjang dasar maupun menengah sebagai penyelenggaraan pendidikan sebagai jaminan mutu" pungkas Duduh Sulaiman.

Gie/Arkan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video