3M Lebih Dana Bantuan Gubernur DKI Menguap Tak Jelas. Penataan Situ Pedongkelan Amburadul
Penguapan Dana

By Aministrator 28 Nov 2018, 05:54:29 WIB Peristiwa
3M Lebih Dana Bantuan Gubernur DKI Menguap Tak Jelas. Penataan Situ Pedongkelan Amburadul

Keterangan Gambar : Ungkapan Protes Warga


Arus Depok. Puluhan warga Cimanggis ramai-ramai memasang dua spanduk di tengah Situ Pedongkelan yang bertuliskan 'Kenapa kami tidak dikeruk' hal tersebut sebagai bentuk protes keras atas penataan Situ Pedongkelan yang belum kunjung beres.

Mereka mempertanyakan penataan Situ Pedongkelan menggunakan dana bantuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Rp 3.560.509.800 dan dilakukan oleh konsultan dan kontraktor pilihan Pemkot Depok.

Juru Situ Pedongkelan, Sain M. Iskandar, mengatakan dua beko yang bertugas mengeruk lumpur pergi meski pendangkalan di tengah sisi Selatan masih parah seperti belum dikeruk.

"Kita mempertanyakan penataan Situ Pedongkelan, kenapa lumpur belum dikeruk semua tapi dua beko itu sudah pergi. Coba lihat di bagian tengah itu masih dangkal sekali kan," kata Sain di Situ Pedongkelan, Minggu (25/11/2018).

Tak hanya pergi sebelum pekerjaan beres, Sain menilai pengerukan lumpur di Situ Pedongkelan keliru karena pengerukan justru dimulai dari tepi, bukan dari bagian tengah.

Dampak pengerukan di bagian tepi yang secara terus-menerus membuat turap dekat sisi Selatan rusak parah dan kian memperburuk kondisi Situ.

"Dikeruknya salah, harusnya dari bagian tengah terus ke pinggir. Kalau ini yang dikeruk justru cuman bagian pinggir, jadi turapnya hancur. Kalau cuman sekedar turap sih bisa diperbaiki, nah kalau pendangkalan di bagian tengah siapa yang tanggung jawab?" ujarnya.

Ketua RW 05 Kelurahan Tugu H. Sofinal Darwis juga menuturkan pada awak media Arusnews dan ia pun mempertanyakan atas nasib penataan Situ Pedongkelan yan baru dinormalisasi setelah sejak tahun 2014 sempat jadi daratan.

"Uang miliaran yang digelontorkan pihak Pemprov DKI Jakarta yang diharapkan dapat mengembalikan kondisi Situ Pedongkelan sepertinya tak ada guna bila kalau melihat kondisi Situ Pedongkelan.

Spanduk protes warga atas buruknya penataan Situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Minggu (25/11/2018). 

"Dananya Rp 3.5 miliar loh bukan uang dikit itu, masa hasilnya seperti ini. Warga yang awalnya berharap Situ Pedongkelan ini jadi seperti dulu, bisa buat tempat wisata segala macam sekarang cuman bisa lihat sampah lagi, enggak ada yang berubah," ucap Sofinal.

Darwis mengatakan, tak lama usai dua alat berat pergi spanduk di bedeng proyek berganti jadi penataan sempadan Situ Pedongkelan dengan yang masih berasal dari bantuan gubernur sebesar Rp 1.930.596.100.

Tak ada penjelasan dari pihak konsultan, kontraktor, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok yang membawahi pengerjaan proyek terkait nasib pendangkalan di bagian tengah.

"Sekarang lagi pengerjaan jogging track, jadi lagi dipasang puffing block. Tapi kalau lihat kondisi pendangkalan sekarang ya apa gunanya buat jogging track. Nanti juga bakal tumbuh lagi di bagian tengah. Enggak ada penjelasan dari konsultan, kontraktor atau PUPR Depok," sambung dia.

Begitu pula Ketua RT 05/RW 05, Lastini Wagino ikut angkat bicara" Penataan Situ Pedongkelan amburadul sehingga hampir tak mengurangi pendangkalan di bagian tengah cepat atau akan lambat membuat sisi Selatan kembali berubah jadi daratan lagi.

Artinya akan tumbuh lagi rumput lebat di akibat lumpur dan sampah yang menumpuk selama bertahun-tahun hingga mampu diinjak manusia. Kambing bisa ikutan makanin rumput" Pungkas Lastini.
Gie




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Pilihan anda 2019?
  Prabowo - Sandi
  Jokowi - Maruf Amin

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Komentar paling pedas Khamenei adalah Iran tidak pernah mengenal Israel. Negara ini juga secara ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Robby Prihandaya

    Anda penyuka Transformer? Tentu hal yang paling menarik saat menonton film Transformer salah ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video